11 Tips Berkendara yang Aman di Jalan Raya

Menjadi pengemudi di jalan raya tidak hanya mematuhi peraturan lalu lintas namun juga menghormati pemakai jalan lain.


Menjadi seorang pengendara baik motor dan juga mobil di jalan raya harus mempunyai peraturan dan juga sikap yang disiplin, semua pengendara ingin perjalanan yang nyaman, cepat dan mudah, namun juga perlu kamu sadari bahwa jalanan bukan milik pribadi, banyak orang juga menggunakan jalan sebagai jalur tujuan mereka.

Berikut beberapa tips berkendara yang aman di jalan raya, yang bisa kamu lakukan demi terciptanya berkendara yang aman dan nyaman buat semua pemakai jalan.

Periksa kendaraan
Periksa mesin kendaraan kamu dan juga perlengkapan yang harus dibawa, seperti cek keadaan mesin, periksa tekanan angin ban sesuai anjuran. Cek dan siapkan pula perlengkapan lain seperti dongkrak, ban serep, segitiga pengaman, dan peralatan lain.

Gunakan sabuk pengaman
Nah kalau kamu menggunakan mobil jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman berfungsi berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan selain dari adanya kantung udara (airbags).

Ikuti arus lalu lintas
Sebagai pengendara yang disiplin harus mengikuti arus lalu lintas dan juga rambu-rambu lalu lintas yang benar sesuai dengan ketentuan yang sudah di tetapkan. Jika melanggar peraturan kamu bisa dijerat pasal hukum dan undang-undang tentang transpotasi. Bukan hanya itu saja, dengan menaati peraturan lalu lintas yang ada kamu juga akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sering periksa kaca spion kamu
Paling penting namun sering diabaikan oleh para pengendara yaitu KACA SPION, fungsinya untuk melihat kendaraan lain yang ada dibelakang, berfungsi ketika hendak berbelok atau ketika akan menyeberang ke persimpangan. Ingat, SPION ITU BUKAN HIASAN!

Jangan menggunakan ponsel
Jangan menggunakan ponsel pada saat berkendara karena bisa mengganggu konsentrasi kamu pada saat dijalan raya. Dan pastikan jika ingin menggunakan ponsel atau gadget kamu berhenti sejenak di tepi jalan untuk menghindari kemacetan dan juga kecelakaan.

Menggunakan ponsel pada waktu mengendarai mobil atau motor dapat mengganggu konsentrasi dan membahayakan diri sendiri dan pemakai jalan lain.

Atur kecepatan berkendara
Berkendara dengan kecepatan tinggi memang boleh namun perhatikan pengendara lain yang ada di samping kanan kiri kamu karena mereka juga memerlukan jalan untuk kendaraan mereka dan kecepatan dijalan sesuai rambu-rambu yang ada.

Atur posisi mengemudi
Nah untuk pengendara motor dan juga mobil juga harus tahu bagaimana cara mengatur posisi mengemudi yang baik itu seperti apa, kalau bisa atur terlebih dahulu posisi duduk kamu yang nyaman dan tidak membuat kamu menjadi pegal, kram dan sebagainya.

Gunakan jalur kanan untuk menyalip
Menggunakan jalur kanan untuk menyalip mobil dan juga motor, yang mana sudah menjadi peraturan lalu lintas yang sudah di tetapkan dalam undang-undang transportasi. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan dan juga kemancetan.

Istirahat jika mengantuk
Kalau merasa mengantuk dan capek sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat. Dan bisa lanjutkan perjalanan kembali jika badan sudah merasa fit.

Jagalah penglihatan pada malam hari
Jika kamu berkendara di malam hari maka jagalah penglihatan dengan baik supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengemudi dimalam hari rawan kondisi mengantuk atau mata silau akibat lampu kendaraan di depan kamu ketika berpapasan.

Beli saldo e-toll di Pulsagram
Ketika kamu menggunakan jalan tol untuk mempercepat perjalanan, jangan lupa isi saldo e-toll kamu sebelum memasuki gate. Kamu bisa beli saldo e-toll di Pulsagram dengan berbagai denom sesuai perjalanan kamu.

Jangan lupa untuk update kartu e-toll kamu setelah beli saldonya di Pulsagram

Semoga perjalanan kamu menyenangkan dan aman hingga tempat tujuan. (tgh)

Comments

Popular posts from this blog

5 Kode Rahasia di Android Yang Wajib Kalian Ketahui

5 Tips Agar Tidak Takut Naik Pesawat