6 Hal yang Harus Dihindari di Media Sosial

Media sosial adalah belantara baru setelah internet, gunakan dengan bijak untuk keamanan kamu sendiri.


Media sosial semakin berkembang pesat dari sisi pengguna. Facebook dan Instagram bisa dibilang menjadi primadona pengguna media sosial. Facebook merupakan media sosial dengan user terbanyak mencapai 2,07 milyar pengguna, sedangkan Instagram mempunyai user sebanyak 1 milyar pengguna sejak Juni 2018.

Ketika kamu menggunakan media sosial, kamu harus paham konsekuensi yang akan dihadapi, selain ada hal baik, namun banyak juga buruk yang dapat ditimbulkan, terutama ketika kamu memposting bersifat pribadi.

Berikut 5 hal yang harus kamu hindari di media sosial:

1. Posting percakapan pribadi
Percakapan pribadi seharusnya tidak disebarkan ke orang lain, entah itu dari percakapan di WhatsApp atau media lain. Sayangnya banyak orang sering memposting screenshot percakapan pribadinya di media sosial. Meski tujuannya untuk lucu-lucuan tapi menyebarkan percakapan pribadi apalagi tanpa izin secara tidak sadar kamu sudah mengganggu privacy teman-temanmu. 

2. Alamat dan nomor telepon pribadi
Alamat dan nomor telepon adalah dua hal yang tidak boleh kamu share di media sosial. Orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja menggunakan informasi pribadi itu untuk kepentingan pribadinya atau yang lebih parah mereka bisa menggunakan nomer di media sosial untuk meneror kamu.

3. Mengundang orang di media sosial untuk bertemu
Tidak semua orang yang kamu temui di media sosial adalah orang baik. Berhati-hati dalam memposting apa pun termasuk status media sosial kamu terutama mengundang teman-teman dunia maya untuk bertemu dan hangout bersama. Kamu tidak bisa seenaknya mengajak orang lain yang tidak kamu kenal untuk bertemu.

Bagaimana kalau salah satu diantara mereka punya niat buruk padamu?  Kamu tetap harus memikirkan keselamatanmu sendiri.

4. Berita yang belum jelas kebenarannya (hoax)
Seringkali tanpa mengecek kebenaran sebuah berita, kita ikutan menshare ke orang banyak melalui media sosial kita. Bila berita yang dishare tidak valid, sama saja kamu ikut menyebarkan berita bohong atau hoax, dan terburuknya kamu bisa dibully netizen atau bahkan berurusan dengan aparat hukum karena melanggar UU ITE.

5. Informasi keuangan pribadi
Dilarang keras menunjukkan informasi yang berhubungan dengan keuangan seperti nomer rekening dan informasi perbankan lainnya. Bahkan meski kamu punya banyak uang yang tersimpan dalam kartu atm, kamu harus menahan diri utuk pamer.

Pamer rekening apalagi pamer uang segepok yang kamu pegang dimedia sosial hanya akan membuat orang lain sebal terhadap kamu. Memamerkan berapa banyak uang yang kamu miliki sama artinya dengan memancing niat buruk orang lain untuk mencurinya.

Cobalah berempati dengan tidak memamerkan harta kekayaan di media sosial.

6. Menjelekkan kaum atau kelompok tertentu
Meskipun media sosial adalah media bebas beropini, di era politik perbedaan pandangan adalah hal yang wajar. Namun janganlah terjebak arus untuk terlalu fanatik pada ideologi atau politik atau figur tertentu ke dalam media sosial.

Ideologi dan kebebasan politik hanya untuk kamu pribadi. Ketika kamu memaksakan hal-hal di atas hanya berakibat perpecahan pada pertemanan dari teman-teman yang tidak sepaham sama kamu. Jadi menjaga pertemanan itu perlu tanpa perlu dihubung-hubungkan dengan kelompok tertentu.

Demikian beberapa hal yang sepatutnya kamu hindari ketika kamu bersosial media, segala konsekuensi harus siap kamu hadapi di era media sosial.

Comments

Popular posts from this blog

5 Kode Rahasia di Android Yang Wajib Kalian Ketahui

5 Tips Agar Tidak Takut Naik Pesawat