Germas Sehat Jaman Now

Semua orang pasti ingin sehat, namun hidup sehat adalah pilihan. Semua bergantung dari cara kita dalam menjaga kesehatan secara teratur. Penyakit dapat dihindari dari bagaimana cara hidup sehat kita.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan suatu gerakan agar masyarakat Indonesia selalu sehat, dinamakan Germas yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Inilah Sehat Jaman Now yang dapat dijalani bila ingin hidup sehat.

 1. Rajin aktivitas fisik
Setiap hari lakukan akvitas fisik minimal 30 menit atau olahraga teratur. Olahraga dapat dijalankan mulai dari yang ringan seperti jalan, joging, berlari hingga bermacam-macam olahraga lainnya. Aktifitas fisik secara teratur mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara umum karena melatih pernafasan dan membakar kalori tubuh dengan lebih baik.

2. Perbanyak makan buah dan sayur
Konsumsi sayur dan buah setiap hari memiliki manfaat luar biasa. Dua jenis makanan ini terkandung serat tinggi, vitamin & mineral yang dibutuhkan oleh tubuh selain kebutuhan protein dan zat mineral lainnya.

3. Kelola stres
Tingkatkan kesadaran diri, perhatikan pernapasan, tidur yang cukup. Stres dapat terjadi pada siapa saja, karena faktor pekerjaan, pikiran dll. Mengelola stres dapat dilakukan dengan istirahat cukup, menjaga pikiran tetap positif dan melakukan olah pernapasan untuk relaksasi.

4. Tidak merokok
Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, slogan ini dan gambar kanker paru-paru sudah terpasang di kemasan rokok-rokok yang dijual. Harapannya dapat mengurangi kegiatan merokok dan beralih ke hidup sehat tanpa merokok.

Rokok menghambat penyerapan vitamin yang diperlukan dalam tubuh sehingga asupan vitamin harian tubuh dapat terganggu.

5. Cek kesehatan secara rutin
Cek kesehatan secara rutin untuk deteksi sedini mungkin keadaan tubuh karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Secara rutin dapat melakukan medical check-up untuk mengetahui kesehatan kita dan deteksi dini terhadap penyakit.

6. Tidak konsumsi minuman beralkohol
Minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok, baik itu efek buruk bagi kesehatan hingga efek sosial pada orang di sekitarnya.

7. Menjaga kebersihan lingkungan
Meningkatkan kualitas lingkungan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Seperti dalam hadits, kebersihan adalah sebagian daripada iman. Bersih untuk diri sendiri dan orang lain dalam lingkungan tempat kita tinggal.

Nah ketujuh hal di atas dapat dilakukan untuk kesehatan pribadi dan menjalani hidup sehat secara jasmani dan rohani.


Penulis: Teguh Hartono | Digital Marketing Pulsagram / @gadjahmadda

Share jika kamu menyukai artikel ini. Jangan lupa untuk terus pantau duniapulsagram.blogspot.com untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya.
__________

Pulsagram adalah Aplikasi Pembayaran Online yang meliputi layanan isi pulsa dan data semua operator, pembayaran listrik pasca bayar dan pembelian token listrik, top up saldo GOJEK & GRAB, E-Toll Mandiri, top up saldo DANA/TIX ID, UC PUBG, pembayaran asuransi BPJS Kesehatan, cicilan kredit multifinance, kartu kredit, HP pascabayar, TV kabel dan berbagai voucher game online, voucher Google Play, voucher iTunes, voucher Steam Wallet.

Download dan Install aplikasi "Pulsagram", dapatkan kemudahan dalam pembayaran dan keuntungan dalam bentuk cashback.

Comments