5 Destinasi Menarik Bisa Dijangkau Kereta Api


Kereta api menjadi primadona untuk perjalanan darat karena  lebih nyaman, aman, dan tepat waktu. Bahkan kereta api menjadi favorit dibandingkan pesawat untuk tujuan yang sama.

Faktor lain mengapa kereta api menjadi primadona adalah soal harga. Untuk menjangkau kota-kota dengan destinasi wisata menarik, kereta api menyediakan layanan dengan harga yang terjangkau.

Ada tiga kelas yang tersedia, mulai dari ekonomi, ekonomi premium, bisnis, dan eksekutif. Proses pemesanan tiket kereta api pun sekarang sangat mudah, kita tinggal membeli tiket kereta online. Atau kalau mau membeli secara langsung ke stasiun pun tetap bisa, namun tidak menjadi garansi tiket murah masih tersedia.

Ada beberapa destinasi wisata di Pulau Jawa yang bisa dijangkau dengan kereta api.

1. Bandung

Ibukota provinsi Jawa Barat, sebuah kota yang terletak di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Kota Bandung berbentuk seperti cekungan yang di sekelilingnya diapit oleh pegunungan. Mengapa berbentuk cekung? Karena pada masa purbakala dahulu, kota Bandung merupakan danau. Karena diapit oleh banyak gunung menjadikan Bandung kota yang sejuk. Banyak obyek wisata alam menarik selama di Bandung.

Di wilayah utara akan didapati wisata Gunung Tangkubanperahu, hutan pinus, kebun teh dan sumber air panas alami di Ciater. Di wilayah selatan ada Gunung Malabar dengan perkebunan teh luas dikaki gunungnya serta wisata Ciwidey dan Kawah Putih.


Bila perjalanan ke wilayah barat, kamu bisa menuju Lembang dengan aneka perkebunan dan vila atau hutan pinus PAL 16, Orchid Forest yang menawan dengan koleksi berbagai anggrek langka Indonesia. Untuk wilayah timur Bandung, obyek wisata menarik seperti Curug Cinulang, Situ Cisanti, Bukit Teletubbies Cicalengka dll.


Menggunakan kereta api, kamu bisa turun di Stasiun Bandung, stasiun ini diakses oleh kereta-kereta eksekutif dari Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta-Solo dan kereta-kereta ekonomi, antara lain: Turangga, Argo Wilis, Argo Parahyangan, Lodaya, Ciremai, Mutiara Selatan, Malabar, Harina dan Serayu.

2. Jakarta

Pusat pemerintahan dan ibukota negara. Stasiun Gambir merupakan persinggahan terakhir kereta-kereta bisnis dan eksekutif dan Stasiun Pasar Senen untuk kereta ekonomi.


Jakarta memiliki beberapa tempat yang tak kalah menarik untuk disambangi. Di utara teluknya terdapat kawasan Pantai Ancol. Pantai yang menghadap Laut Jawa ini airnya relatif tenang. Selain menikmati pantai, kawasan Ancol juga menyajikan wahana wisata petualangan dan edukasi seperti Dunia Fantasi, Seaworld, Atlantis, dan sebagainya.



Lebih jauh ke utara, terdapat gugusan kepulauan Seribu yang dapat diakses dengan menyeberang menggunakan kapal laut dari pelabuhan Ancol atau Muara Karang.

Di pusat kota, banyak ditemui obyek-obyek wisata museum, seperti Museum Nasional/Museum Gajah, Museum Fatahillah/Museum Sejarah Jakarta, wisata Kota Tua, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Monumen Nasional dll.

Untuk menuju Jakarta menggunakan kereta, kamu bisa turun di Stasiun Gambir untuk kereta bisnis dan eksekutif atau Stasiun Pasar Senen untuk kereta ekonomi, kamu bisa naik: Argo Dwipangga, Argo Jati, Argo Lawu, Argo Muria, Argo Parahyangan, Argo Parahyangan Tambahan, Argo Sindoro, Bangunkarta, Bengawan, Bima, Bogowonto, Brantas, Cirebon Ekspres, Gajahwong, Gajayana, Gumarang, Kertajaya, Kutojaya Utara, Majapahit, Matarmaja, Menoreh, Progo, Purwojaya, Sembrani, Senja Utama Solo, Senja Utama Yogya, Tawang Jaya.

3. Yogyakarta & Solo

Jalur kereta api ke Yogyakarta dan Solo dapat ditempuh dari jalur utara dan selatan, karena letaknya ditengah Pulau Jawa, waktu tempuh rata-rata 7-9 jam. Di Yogyakarta pemberhentian dan keberangkatan kereta di Stasiun Tugu untuk kereta bisnis dan eksekutif dan Stasiun Lempuyangan untuk kereta ekonomi.


Tempat-tempat wisata di Yogyakarta bermacam-macam dan menjadi destinasi populer. Hampir segala jenis atraksi wisata tersedia di sini: mulai dari wisata belanja di Malioboro, wisata alam di Gunungkidul, Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Nglambor, Kebun Buah Mangunan, hutan pinus, Kalibiru, wisata sejarah di candi-candi seperti Borobudur, Prambanan, wisata budaya di Imogiri, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Benteng Vredeburg Yogyakarta, dan sederet wisata lainnya.



Obyek wisata di Yogyakarta didesain Instagramable, sehingga banyak dijadikan obyek foto untuk dipasang di Instagram.

Untuk menuju Yogyakarta kamu bisa turun di Stasiun Tugu untuk kereta bisnis dan eksekutif atau Stasiun Lempuyangan untuk kereta ekonomi, kamu bisa naik: Fajar Utama Yogya, Taksaka, Argo Dwipangga, Sancaka, Malioboro Ekspres, Lodaya, Progo, Bogowonto, Gajahwong dan Bengawan.


Di Solo, kamu dapat turun di Stasiun Solo Balapan jika naik kereta bisnis dan eksekutif atau di Stasiun Purwosari untuk kereta ekonomi.

Solo merupakan destinasi wisata budaya selain Jogja yang juga ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Solo yang dikenal sebagai salah satu kota penghasil batik menawarkan banyak tempat-tempat menarik seperti: Keraton Surakarta Hadiningrat, Taman Sriwedari, Colomadu, Agrowisata Sondokoro, Kampung Batik Kauman, Museum Batik Danar Hadi, Ngarsopuro Night Market, Taman Balekambang, dll.


Untuk menuju Solo kamu bisa naik: Senja Utama Solo, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Sancaka, Malioboro Ekspres, Lodaya, Brantas, Gaya Baru Malam Selatan, Bengawan dan Jaka Tingkir.

4. Malang

Kota yang dingin dengan berbagai obyek wisata berada disekitar Malang. Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu merupakan tiga kota bertetangga yang memiliki banyak obyek wisata menarik seperti Jatim Park 1-3, Batu Night Spektakuler, obyek wisata Selecta, Pujon, pemandian air panas Cangar, wisata air Sengkaling, Masjid Tiban, Kampung warna-warni Jodipan dan masih banyak lagi.


Selain obyek wisata di kota, sebenarnya Malang juga memiliki beberapa obyek wisata di luar kota yang menarik seperti Pantai Balekambang, pantai 3 warna, Pantai Goa Cina, hingga Pantai Batu bengkung.

Berada disekitar Malang kamu bisa ke Gunung Bromo meski terletak di wilayah Pasuruan dan Probolinggo namun dapat diakses dari Tumpang, Malang.




Untuk menuju Malang kamu dapat turun di Stasiun Malang Kotabaru sebagai pusat pemberhentian akhir kereta-kereta ekonomi, bisnis dan eksekutif seperti: Bima, Gajayana, Malioboro Ekspres, Mutiara Selatan, Malabar, Matarmaja, Jayabaya, Majapahit dan Tawang Alun.

5. Banyuwangi

Ujung timur Pulau Jawa ini tidak kalah menarik obyek wisatanya yang dapat dijangkau dengan kereta api. Tidak kalah dari Pulau Bali ke Banyuwangi juga memiliki banyak wisata pantai yang indah dan cantik seperti: pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, Pantai Wedi Ireng, Pantai Teluk Ijo, hingga Pantai Penyu Sukamade yang berlokasi di Balai Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran.




Selain pantai dan taman nasional, Banyuwangi juga terkenal dengan Festival Banyuwangi-nya serta Kawah Ijen.

Untuk menuju Banyuwangi, kamu bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru yang juga dekat dengan pelabuhan Ketapang, sehingga kamu bisa meneruskan tujuan wisata ke Pulau Bali. Kereta-kereta menuju Banyuwangi antara lain: Mutiara Siang, Mutiara Malam, Sri Tanjung dan Tawang Alun.

Nah, sudah tahukan destinasi-destinasi menarik yang bisa dijangkau kereta api. Persiapkan rencana liburan kamu sekarang.


Penulis: Teguh Hartono | Digital Marketing Pulsagram / @gadjahmadda

Share jika kamu menyukai artikel ini. Jangan lupa untuk terus pantau duniapulsagram.blogspot.com untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya.
__________

Pulsagram adalah Aplikasi Pembayaran Online yang meliputi layanan isi pulsa dan data semua operator, pembayaran listrik pasca bayar dan pembelian token listrik, top up saldo GOJEK & GRAB, E-Toll Mandiri, top up saldo DANA/TIX ID, UC PUBG, pembayaran asuransi BPJS Kesehatan, cicilan kredit multifinance, kartu kredit, HP pascabayar, TV kabel dan berbagai voucher game online, voucher Google Play, voucher iTunes, voucher Steam Wallet.

Download dan Install aplikasi "Pulsagram", dapatkan kemudahan dalam pembayaran dan keuntungan dalam bentuk cashback.

Comments